Mulai tahun 2013 Credit Union Stella
Maris (CUSM) memasuki babak baru. Babak baru tersebut merupakan hasil dari
perencanaan strategis (strategic planning-SP) yang dilaksanakan selama tiga
hari tanggal 13-15 Agustus 2012.
Dalam SP yang difasilitasi Stefanus
Masiun dan dikuti seluruh Penasihat, Pengawas, Penguru, staf dan perwakilan
anggota aktif tersebut dievaluasi dan dirumuskan kembali visi, misi, isu
strategis, tujuan strategis dan program-program prioritas selama tiga tahun ke
depan (2013-2015).
Dalam analisis SWOT diidentifikasi
kekuatan organisasi dan tata kelola CUSM, antara lain, mempunyai
gedung sendiri dengan fasilitas yang memadai dan strategis, meliliki visi misi
yang jelas, sistem komputerisasi dalam pelayanan, adanya evaluasi dan kontrol
secara berkala, memiliki SOP, jobdes dan AD/ART.
![]() |
Pengurus, Pengawas, Staff dan Fasilitator SP |
Dari aspek keuangan, kekuatan CUSM antara lain peluang untuk menambah anggota masih cukup
tinggi baik kantor Pusat maupun di TP-TP, likuiditas aman, brand CU
Stella Maris makin positif di mata anggota, pelayanan kredit lebih mudah, bunga tabungan bersaing
dengan lembaga keuangan lainnya.
Dari analisi eksternal CUSM ditemykan sejumlah kondisi dominan pada tahun 2013-2015 yang dapat
mempengaruhi CU Stella Maris yang harus diwaspadai. Yakni persaingan antar CU, adanya kelompok-kelompok sakit hati
terhadap CU, adanya kelompok
bank 47/rentenir, adanya
lembaga keuangan lain, kebijakan politik
dan pemerintah (UU, PP, Perda, Pajak), fluktuasi harga komoditi.
Meski ada tantangan, namun ada peluang eksternal yang bisa dimaksimalkan
untuk pengembangan CU. Yakni potensi
anggota sangat besar, perkembangan
teknologi, daya beli Masyarakat
meningkat, kesadaran masyarakat untuk ber CU semakin
baik, kondisi
perekonomian relatif stabil, dunia Usaha semakin berkembang
(mengembangkan CUMI), pejabat
lokal/setempat masih bersikap kooperatif terhadap CU, ada peluang pegembangan wilayah baru.
Untuk melayani kebutuhan anggota yang makin beragam, maka akan
dilakukan sejumlah usaha dan pembuatan produk baru.
Dalam jangka panjang (25 tahun mendatang), kualitas anggota CUSM
dalam berbagai aspek kehidupan adalah sebagai berikut. Dalam aspek pendidikan,
kondisiyang diharapkan adalah: memiliki
anggota yang militan, kepercayaan anggota terhadap CUSM semakin meningkat, anak-anak keluarga CUSM
mayoritas berpendidikan S1, anggota mampu memberi pemahaman kepada pihak lain yg belum bergabung ke CUSM, anggota melakukan transaksi secara online,
maksimal kredit lalai 5%.
Dalam aspek ekonomi, kondisi yang diharapkan: (1). kemampuan mengelola keuangan keluarga
semakin baik (2). kemandirian dalam
Ekonomi keluarga semakin meningkat (3). mampu melayani
pinjaman anggota berdasarkan tahapan kehidupan anggota
(4). anggota yang sudah bergabung di CUSM selama 25 tahun memiliki tabungan
minimal 300 juta.
Dalam aspek sosial, kondisi yang diharapkan adalah (1). Loyalitas anggota terhadap Lembaga CUSM
semakin tinggi
(2). mampu memelihara idealisme awal
CUSM (3). 80 % Warga
paroki Stella Maris menjadi anggota CUSM dan TP pada tahun 2037 penambahan anggota menjadi
35.000 orang dengan aset 400 Milyar (4). warga Jungkat dan Segedong bergabung ke CUSM 6000
(22/bln) (5). solidaritas antar
anggota semakin tinggi dengan ditandai santunan duka dan kesehatan.
Setelah melalui diskusi
serius dan melalui pertimbangan yang matang, maka dirumuskan tujuan strategis,
visi, misi, nilai-nilai CU Stella Maris yang baru.
Ada empat tujuan strategis,
yakni:
1.
Adanya
produk-produk yang berorientasi pada tahap-tahap kehidupan anggota, berbasis
teknologi dan pelayanan yang berkualitas sehingga semua anggota mendapatkan
pelayanan terbaik.
2.
Sumberdaya
manusia (Pengurus, pengawas dan Manajemen dikembangkan dan dikelola secara
profesional dan berkelanjutan guna memastikan sistem tata kelola dan pelayanan berjalan
optimal sehingga semua program kerja tercapai secara efektif setiap tahun
3.
Pengelolaan
keuangan dan manajemen perkreditan berjalan sesuai kebijakan dan SOP yang telah
ditetapkan sehingga menghasilkan kinerja keuangan yang memenuhi standar
struktur keuangan credit union.
4.
Pengorganisasian,
pendidikan dan penyadaran anggota berjalan secara intensif dan berkesinambungan
sehingga target kualitas dan jumlah anggota masuk 5.870 orang tercapai sesuai
program kerja.
Visi CUSM adalah “Menjadi Credit Union Yang Aman, Tangguh Dan Terpercaya Di Kalimantan
Barat”. Misinya adalah (1). Meningkatkan
kapasitas pengurus, pengawas dan manajemen sehingga mampu menjalankan pelayanan secara profesional (2). Melakukan pelayanan dengan penuh kasih (3). Meningkatkan kecerdasan
finansial melalui pendidikan dan pelatihan yang
berkelanjutan (4). Meningkatkan
kesejahteraan ekonomi keluarga anggota (5). meningkatkan solidaritas
anggota melalui pelayanan sosial
Nilai-Nilai Inti Cu Stella
Maris adalah kejujuran, akuntabilitas, sinergisitas, inovatif, handal
((disingkat KASIH). Mottonya adalah LARIS:layanan
prima idaman semua. Brandnya Adalah: Stella Maris.
Banyak harapan mengemuka terhadap CU Stella Maris.
Misalnya, bagaimana mengatur hubungan antara CU Setlla Maris dengan Paroki
Stella Maris karena CUSM diinisasi Paroki Stella Maris dalam pendiriannya.
“Agar tidak seperti peribahasa kacang lupa kulitnya, maka di dalam Anggaran
Dasar CU ini perlu diatur hubungan itu supaya orang tidak melupakan sejarah CU
ini,”harap Hilarius Djonis, Penasihat CU Stella Maris.
Pastor Jeffrie Adrianus Bogia MSC
mengharapkan agar selain harus dikelola secara profesional, insan-insan CU
(pengawas, pengurus, staff, anggota) agar menjadikan CU ini sebagai sarana yang
secara implisit menyebarkan kabar baik bagi semua orang.
Sampai Desember
2011, anggota CU Stella Maris berjumlah 3.219 orang dengan total asset Rp.32
miliar. Tahun buku 2011 CUSM berhasil membukukan laba kotor Rp.291 juta. Laba
ini dibagikan bervariasi kepada anggota sesuai dengan besarnya simpanan dan
balas jasa pinjamannya.
Tahun buku 2011
CUSM berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp.13 miliar kepada 1.181 peminjam.
Yakni untuk tujuan produktif 31%,
kesejahteraan 34%, pendidikan 7,4%, darurat 5% dan kapitalisasi 23%.
Menurut Manajer
CU Stella Maris, Maria Sukarni, A.Md dalam tahun buku 2012 CUSM menargetkan anggota 4.119
orang dengan total asset Rp.37miliar. Untuk mencapai target tersebut CUSM sedang
melaksanakan sejumlah
langkah, seperti memaksimalkan penagihan piutang, menyalurkan kredit,
merekrut staff, meningkatkan pelayananan
dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta membuka tempat pelayanan
baru.
CU Stella Maris ini merupakan CU yang khas. CU ini
didirikan dan berbasis Gereja Katolik, khususnya Paroki Siantan, CU Stella Maris. Namun dalam
perjalanannya kehadiran CU ini diterima semua kalangan dari beragam etnis dan
agama yang ada di wilayah Pontianak Utara. “Keunikan lain dari CU ini karena
satu-satunya CU yang melayani anggotanya pada hari minggu. CU Stella Maris merupakan contoh yang tepat untuk gerakan rekonsiliasi
sosial di Kalimantan Barat.,”jelas Marsianus Ami, S.Pd,
Ketua Pengurus CU Stella Maris.
Karena cukup
besarnya kontribusi CUSM dalam memperbaiki kehidupan sosial ekonomi anggotanya, maka CU ini pernah mendapat
penghargaan CU berprestasi dari Walikota Pontianak dan Gubernur Kalbar.
Setelah melaksanakan SP, diadakan rekoleksi dan
rekreasi yang diikuti penasihat, pengawas, pengurus dan staff beserta keluarga
batih masing-maisng. Rekoleksi di Hotel Palapa Beach Pasir Panjang, Singkawang
ini dipandu oleh Pastor Murjoko CP dari Paroki St.Heronimus Tanjung Hulu
Pontianak.***
Komentar